Pemkab Langkat Salurkan Program CSR Perusahaan, Syah Afandin: Untuk Kesejahteraan Masyarakat

Lensapendidikan.com – Langkat

Pelaksana tugas (Plt) Bupati Langkat H Syah Afandin SH menghadiri rapat koordinasi (Rakor) pelaksanaan Corporate Social Responsibility (CSR) yang diberikan oleh perusahaan di Kabupaten Langkat. Dari 43 perusahaan, 13 perusahaan telah memberikan bantuan CSR-nya.
CSR sendiri merupakan bentuk tanggung jawab sosial perusahaan untuk membantu permasalahan sosial dan lingkungan kepada masyarakat di sekitar lokasi perusaaan. Rakor ini di inisiasi oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Langkat, bertempat di ruang pola kantor Bupati.
“Kita akan membuat suatu forum CSR, yang isinya para Stakeholder perusahaan. Tujuannya sebagai sarana berkoordinasi antara pemkab Langkat dengan perusahan terkait penyaluran program CSR ini,” ungkap kepala Bappeda Langkat Hj Rina Marpaung S.STP M.AP, Senin (13/2/2023).
Rina menyebut, rakor ini penting dilaksanakan untuk mengetahui sejauh mana kontribusi perusahaan bagi kesejahteraan masyarakat sekitar. “Dari 43 perusahaan, baru 13 perusahaan yang merespon dan memberi CSR,” sambungnya.
Ditempat yang sama, Syah Afandin mengatakan peran penting perusahaan sangat di butuhkan dalam keikutsertaannya  berkontribusi untuk pembangunan di Langkat. Selain sebagai bentuk tanggung jawab sosial, program CSR juga dapat membantu pemerintah daerah dalam membantu masyarakat.
“Kegiatan ini (CSR) merupakan bentuk kesadaran bersama kita semua, menjaga pentingnya kebersamaan untuk memberikan kesejahteraan bagi masyarakat di sekitar lokasi perusahaan berada,” jelas Syah Afandin dihadapan tamu undangan.
Lanjutnya ia menyampaikan dukungan perusahaan sangat membantu pemerintah daera untuk melakukan pembangunan. “Pemkab Langkat menyadari begitu besar manfaat yang ditimbulkan melalui program CSR untuk membantu masyarakat,” sambungnya.
Syah Afandin berharap, perusahaan yang melakukan program CSR ini akan langsung dirasakan manfaatnya oleh masyarakat sekitar lokasi perusahaan.
“Saya berharap agar kita semua menjadikan Langkat sebagai bagian dari kemajuan perusahaan, sehingga dengan kemajuannya masyarakat Langkat juga mendapatkan manfaat,” tutupnya.
Adapun 13 perusahaan yang telah menyalurkan CSR, Rumah Sakit Umum (RSU) Putri Bidadari dan Mahkota Bidadari  memberi satu unit perahu karet. PT cahaya Agro Sawit Sejahtera 15 unit jaring gembung. Bank BNI satu buah pembangunan gapura. Bank BSI satu paket pengadaan kubah dan pavin blok masjid.
PT Langkat Nusantara Kepong (LNK) memberi 3.500 bibit Kelapa Sawit, bibit Durian, bibit Rambutan, melaksanakan pembangunan rumah untuk disabilitas di Kecamatan Bahorok, melakukan pembersihan saluran irigasi sepanjang 11 Km di Desa Hinai, melakukan pembangunan sarana ibadah Masjid di Marike, melakukan peremajaan Sawit rakyat (PSR) dengan memberi pupuk kepada kelompok tani Avros 54 orang dan kelompok tani Bandar Jaya 42 orang.
PT Tirta Investama memberi 10 paket mesin jahit listrik dan 10 paket mesin Obras. PT Lembu Andalas Langkat 10 paket hand sprayer. PTPN II melakukan pembangunan pavin block di kawasan Tangkahan sepanjang 700 meter.
PTPN IV membuat pelatihan untuk tenaga kerja. Pt Ukindo memberi perlenglapan anyaman lidi kelapa sawit. PT Indonesia Power memberi satu unit mesin terasi, tiga unit Cheast Frezeer, dan 10 unit cool box 200 liter. Pt Sinar Langkat Perkasa memberi baju rompi pelampung.
Penyerahan ini dilakukan secara simbolis oleh Syah Afandin untuk kemudian disalurkan ke masyarakat.
Terkahir sekdakab Langkat, Amril M.AP mengatakan Pemkab Langkat mengajak seluruh perusahaan baik itu perusahaan berstatus pusat, cabang atau unit yang pelaksanaannya menjalankan operasional perusahaan di wilayah Langkat wajib melaksanakan program CSR.
“Ini berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) No. 47 tahun 2014 tentang tanggung jawab sosial dan lingkungan perseroan. Dan peraturan daerah Langkat Nomor 3 Tahun 2014 tentang tanggung jawab sosial perusahaan,” ungkapnya saat menutup rapat.
Turut hadir, Sekda Kab Langkat Amril SSos MAP, Ketua DPRD Langkat Sribana PA, para ketua komisi A,B, C, dan D DPRD Langkat, Ka Bappeda Rina Wahyuni Marpaung.STP M.AP, Kepala Bapenda Dra. Muliani, Kadis Pariwisata Nur Elly MM, Kadis pertanian Hendrik Tarigan MMA, dan Kadisnaker Drs. Rajanami Yun M.Si.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *