LKP Kencana Jaya Stabat, Didik Siswa Secara Gratis

Lensapendidikan.com – Langkat

Melirik keberadaan Pendidikan Luar Sekolah, di Jalan MT Haryono Lingkungan 1 Sidomulyo,  Stabat Langkat Sumatera Utara. Lembaga Kursus dan Pelatihan, atau LKP Kencana Jaya, yang  didirikan 17 Desember 1990 silam, pimpinan Haji Suryadi, SPd.

Meskipun diusianya 33 tahun, bergerak secara perlahan atau step by step. Realitanya kiprah LKP milik swasta ini, tercatat sebagai satu satunya, Pendidikan Luar Sekolah yang tidak pernah surut, mengikuti perkembangan zaman.

Orientasinya kian eksis, dalam mengedepankan pendidikan skil, terhadap generasi putus sekolah formal. Agar para generasi putus sekolah tersebut terlatih dan mampu menjadi manusia siap pakai dan terampil, menciptakan dunia usaha secara mandiri.

Khususnya, yang berkaitan dengan teknik otomotif, jenis kendaraan roda dua atau sepeda motor. Demikian Haji Suryadi, SPd, ketika dihubungi kontributor  Lensapendidikan.com, via telepon genggam. Senin pagi (01/01/2024).

Di sisi lain Suryadi, SPd menegaskan, program tersebut,  dinilainya sangat mendongkrak minat para generasi, sebagai calon siswa di LKP Kencana Jaya miliknya. Justru demikian, Suryadi, SPd selaku pemilik LKP Kencana Jaya, yang merangkap jabatan direktur tersebut.

Tanpa rasa jenuh, mengajak para calon siswa, agar segera mendaftarkan diri ke LKP Kencana Jaya Stabat. Karena siswa yang akan  mengikuti pelatihan, tanpa dibebani pungutan biaya. 

Malahan sebaliknya, pihak penyelenggara kursus dan pelatihan, yang akan memberikan modal usaha, berupa peralatan montir ke setiap individu siswa.
Dengan catatan, setelah para peserta, dinyatakan selesai mengikuti pendidikan, sebagaimana dijadwalkan.

Menjawab pertanyaan Lensapendidikan.com. Strategi pembelajaran, atau kursus dan pelatihan gratis tersebut dicanangkannya, secara transparan. Mengingat, LKP  Kencana Jaya yang dikelolanya itu, resmi bekerja sama dengan pemerintah pusat.

Di antaranya, dengan institusi Direktorat Kursus dan Pelatihan, termasuk Direktorat Jenderal Pendidikan. Maupun Vokasi Kementrian Pendidikan/Kebudayaan/Riset dan Teknologi.

Dalam upaya, mewujudkan program Pendidikan Kecakapan Wirausaha, atau PkW platinum bidang kejuruan teknik sepeda motor. Dengan jangka waktu lamanya pelatihan dan pembelajaran, minimal 280 jam, tutur Haji Suryadi, SPd memperjelas.

Artinya, setiap generasi yang mengikuti kursus dan pelatihan di LKP Kencana Jaya tersebut, akan diberikan bantuan rintisan usaha, secara cuma cuma. Seperti alat dan bahan sperpart, selama di dalam pelatihan.

Berikutnya Haji Suryadi, SPd mengatakan, untuk  2023 lalu. LKP Kencana Jaya yang memperoleh  kepercayaan melatih 35  peserta, berbagai latar belakang pendidikan.   Mulai tingkat SD, SMP, SMA, SMK dan perguruan tinggi. Dengan ketentuan, yang masih berusia 15 sampai 25 tahun dan dinyatakan sudah tidak lagi melanjutkan sekolah, termasuk kategori ATS.

Haji Suryadi S-Pd menyimpulkan, setelah mereka mengikuti pembelajaran program PKW Platinum di LKP Kencana Jaya di bawah pimpinannya.

Sekarang, peserta sudah terbukti mampu merintis usaha secara mandiri, atau perorangan di daerah mereka masing – masing, baik Aceh maupun sekitar Sumatera Utara, ujarnya. @ SYOFIAN HSY

Facebook Comments Box

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *