Polres Langkat, Ungkap 310 Kasus dan 375 Tersangka Tahun 2023

lensapendidikan.com – Langkat

Kapolres Langkat AKBP Faisal Rahmat HS, SIK. SH. MH menyampaikan Press Release Akhir Tahun 2023 Jajaran Polres Langkat yg dilaksanakan di Aula Baradaksa Polres Langkat pada Jumat (29/12).

Dalam giat tersebut Kapolres Langkat didampingi oleh Waka Polres Langkat Kompol Hendri ND. Barus, SIK. SH. MM beserta para Pejabat Utama Polres Langkat.

Faisal Rahmat menyampaikan perbandingan jumlah tindak pidana dan penyelesaian perkara antara tahun 2022 dengan tahun 2023 baik dari Sat Reskrim, Satres Narkoba dan Sat Lantas serta pengungkapan kasus menonjol di tahun 2023.

Selanjutnya Kapolres menyampaikan keberhasilan pengungkapan kasus menonjol diantaranya kasus kasus pembunuhan berencana Paino dimana Polres langkat berhasil mengungkap dan menangkap seluruh pelaku sebanyak 5 orang serta berhasil menemukan dan menyita barang bukti yg sangat penting yaitu 1 pucuk senpi rakitan yang digunakan untuk menembak korban.

Kapolres Langkat memaparkan Pengungkapan kasus Korupsi anggaran Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) dengan menetapkan 8 orang tersangka baik dari pihak swasta maupun dari Dinas terkait. Dalam penanganan kasus korupsi tersebut, selain mengirimkan tersangka ke proses persidangan, hal yang menjadi prestasi besar adalah keberhasilan Polres Langkat menyelamatkan/mengembalikan uang negara sebanyak 15 miliar rupiah.

Tidak hanya itu, dalam paparannya Kapolres Langkat juga turut menyampaikan beberapa pengungkapan kasus penyalahgunaan narkotika baik jenis Sabu, ganja maupun ekstasi. Ditahun 2023, pengungkapan kasus narkotika yg dilakukan oleh Polres Langkat dan jajaran mengalami kenaikan yg sangat signifikan secara kualitas dibandingkan tahun 2022, dimana ditahun 2023 Polres Langkat dan jajaran berhasil mengungkap sebanyak 310 kasus dengan jumlah tersangka sebanyak 375 orang. Dari pengungkapan tersebut berhasil disita barang bukti sebanyak 47, 720 kg sabu, 378, 188 kg ganja dan 158 butir pil ekstasi. Peningkatan ini menunjukkan keseriusan Polda Sumut khususnya Polres Langkat dan jajaran dalam memberantas penyalahgunaan narkotika.

Selain upaya-upaya represif, Polres Langkat dan jajaran juga melakukan banyak upaya-upaya pencegahan guna menekan penyalahgunaan narkotika seperti membentuk 13 Kampung Tangguh, melaksanakan kegiatan gerebek kampung narkoba bekerja sama dengan TNI, para tokoh, Pemkab Langkat dan instansi terkait lainnya dengan malakukan razia dan memusnakan pondok-pondok yang diduga digunakan sebagai tempat untuk menjual dan mengkonsumsi Narkotika.

Berkaitan dengan ketertiban berlalu lintas, Kapolres Langkat mengungkapkan bahwa dalam rangka mewujudkan lalu lintas yg tertib, aman dan lancar ditahun 2023 Polres Langkat meningkatkan kegiatan penegakan hukum berlalu lintas dengan melakukan ribuan teguran dan penilangan terhadap para pelanggar khususnya yg berpotensi mengakibatkan fatalitas. Selain itu seluruh kasus laka lantas yg terjadi ditahun 2023 berhasil diselesaikan dengan baik.

Untuk mewujudkan situasi kamtibmas yg aman dan kondusif, satuan Binmas berikut Bhabinkamtibmas, satuan Sabhara, satuan Polisi Perairan dan Udara serta satuan kerja lainnya di jajaran Polres Langkat aktif melakukan kegiatan-kegiatan pre-emtif dan preventif serta kegiatan-kegiatan pembinaan, penyelesaian tindak pidana ringan, problem Solving, cooling system, Jum’at Curhat, Minggu Kasih dengan didukung oleh berbagai elemen masyarakan dan stage holder terkait.

Rangkaian acara temu wartawan Akhir Tahun 2023 Polres Langkat selesai pada pukul 15.30 wib. @ Usman,s.pd

Facebook Comments Box

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *